Jaringan komputer


sekarang saya pingin ngasi sedikit info Jaringan komputer ,

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yg saling berhubungan antara yg satu dengan yg lain,menggunakan suatu protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi dan bertukar informasi

TUJUAN

– untuk menyalurkan informasi secara global

MANFAAT

– dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama-sama. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut

– dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan

– Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar

Kategori Jaringan
Berdasarkan Area :
1.Jaringan Lokal (LAN)
suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas,contohnya hanya satu gedung


2.Metropolitan Area Network(MAN)
suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang lebih luas,max.masih satu benua.


3.Wide area Network(WAN)
suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jangkauan dunia.


4.Personel Arae Network(PAN)
satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja.

Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya :

– Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client(biasanya aplikasi yang menggunakan GUI ) dengan server. Masing-masing client dapat meminta data atau informasi dari server.Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, tetapi ada beberapa perbedaan karakteristik yaitu :

1.Servis (layanan)oHubungan antara proses yang berjalan pada mesin yang berbedaoPemisahan fungsi berdasarkan ide layanannya.oServer sebagai provider, client sebagai konsumen

2.Sharing resources (sumber daya)oServer bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.

3.Asymmetrical protocol (protokol yang tidak simetris )Many-to-one relationship antara client dan server.Client selalu menginisiasikan dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu secara pasif request dari client.

4.Transparansi lokasiProses yang dilakukan server boleh terletak pada mesin yang sama atau pada mesin yang berbeda melalui jaringan.Lokasi server harus mudah diakses dari client.

5.Mix-and-MatchPerbedaan server client platforms

6.Pesan berbasiskan komunikasiInteraksi server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakan permintaan dan jawaban.

7.Pemisahan interface dan implementasiServer bisa diupgrade tanpa mempengaruhi client selama interface pesan yang diterbitkan tidak berubah.



– Peer to peer adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. misal Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: